Tuesday, February 21, 2017

10 Tips Belajar Segala Sesuatu Lebih Cepat

Cepat belajar
via udemy[dot]com


Pernahkah kamu merasa kalau, ada kalanya kamu merasa begitu sulit memahami atau mengingat sesuatu? Merasa seperti orang bodoh karena tidak mampu menguasai hal sederhana seperti orang lain?

Ketika kita belajar, ada banyak hal yang kita libatkan. Mulai dari metode belajar, kemampuan mengingat, apa yang kita makan, konsentrasi, energi yang kita miliki, oksigen yang kita hirup, hingga cara kita mengingat, semua itu sangat berpengaruh.

Jika kamu ingin cepat belajar dan mudah menguasai, kamu setidaknya bisa mengikuti 9 tips belajar cepat berikut ini.


Cara cepat belajar


  1. Pertama, jika ada pelajaran yang sulit, bagilah menjadi beberapa bagian, sehingga membentuk sub skill yang lebih kecil.
  2. Kemudian pelajari satu persatu skill kecil (sub-skill) tersebut dalam satu waktu.
  3. Pahami kesalahan yang kamu lakukan dan belajarlah dari kesalahan tersebut.
  4. Belajarlah setiap hari sebentar-sebentar (istiqomah), misalnya 1 jam setiap hari, daripada belajar 7 jam tapi seminggu sekali.
  5. Pantau kemajuan belajarmu dengan melakukan testing. Sembari kamu memantau perkembanganmu, cobalah untuk mengenali dirimu sendiri. Kenali apa kelebihanmu dan apa yang menjadi kekuranganmu dalam belajar.
  6. Jawab pertanyaan. Setelah kamu mempelajari sesuatu, buatlah pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya berkaitan dengan apa yang kamu pelajari dan cobalah untuk menjawabnya. Metode belajar efektif dan efisien biasanya melibatkan lebih banyak pertanyaan daripada membaca.
  7. Menurut penelitian, otak kita mampu mengingat 90% dari apa yang kita pelajari jika kita langsung memanfaatkannya untuk mengajarkan orang lain. Lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi (50%) atau dengan metode praktek (75%) sekalipun.
  8. Terapkan Pareto Principle yang dikenal juga dengan nama “80/20 rule.” Pelajari prinsip pareto.
  9. Pilih waktu belajar yang paling efektif. Waktu belajar sangat menentukan apakah pelajaran yang kita pelajari bisa masuk dengan mudah dan bisa dipahami dengan cepat atau tidak. Setiap orang memiliki waktu belajar (efektif) yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah belajar di pagi hari, di malam hari ketika suasana sangat tenang, pada sore hari, dan ada juga yang merasa jika pelajaran yang mereka pelajari lebih cepat masuk sebelum tidur.

    Tugasmu untuk menemukan waktu waktu terbaik tersebut.
  10. Pilihlah tempat yang paling ideal. Belajar juga membutuhkan lingkungan tertentu yang bisa men-support sehingga otak kita bisa bekerja dengan maksimal. Ada seseorang yang bisa belajar dengan cepat ketika mengurung diri di kamar, ada yang belajar lebih cepat ketika berada di perpustakaan, namun tidak sedikit juga yang belajar lebih cepat ketika berada di keramaian seperti di cafe misalnya, dll.
Itulah cara belajar segala sesuatu dengan lebih cepat sehingga waktu yang kamu habiskan lebih sedikit dan pelajaran yang masuk lebih banyak. Semoga bisa membantu.

Wednesday, February 15, 2017

10 Hal Sederhana yang Bisa Bermanfaat untuk Otak

Pikiran (otak) adalah bagian dari tubuh kita yang paling berharga. Jika otak mati, tubuh tidak akan berfungsi. Otakmu adalah aset berharga (bahkan yang paling berharga) yang harus kamu jaga dengan baik. Tapi, taukah kamu bagaimana cara menjaga otakmu agar tetap bisa berfungsi dengan baik setiap hari dan sepanjang hidupmu?

10 Hal Sederhana yang Bisa Bermanfaat untuk Otak
Pintar
via combiboilersleeds[dot]com



Jika kamu ingin menjaga agar otak tetap sehat, tetap bisa digunakan hingga tua, hal-hal sederhana berikut ini sebaiknya tidak kamu lupakan diriku


Tidur siang


Tahukah kamu kalau tidur siang, setidaknya 30 menit atau 45 menit bisa membantu menyegarkan tubuh. Namun tidak hanya itu manfaatnya, tidur siang kurang dari 2 jam bisa membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kemampuan mengingat, dan bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Bahkan, walaupun kamu hanya tidur 15 menit saja, jika itu adalah sebuah tidur yang berkualitas, kamu akan mendapatkan perbedaan yang cukup besar dibandingkan dengan jika kamu melanjutkan hari tanpa beristirahat.

Thursday, February 9, 2017

Memutihkan Kulit Menggunakan Bahan Alami dan Langkah-Langkahnya

Penyebab kulit menjadi hitam dan terlihat gelap


Kulit yang gelap atau terlihat hitam sebagian besar disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Jadi, nggak heran kalau kulit kita yang sering terlindungi dari sinar matahari, terutama di bagian-bagian yang sering tertutup pakaian jauh lebih putih dibandingkan dengan bagian-bagian kulit yang terbuka.



Namun sebenarnya, tidak hanya sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Namun ada hal-hal lain yang bisa menyebabkan kulit berubah menjadi hitam. Apa saja penyebab kulit hitam? Berikut diantaranya.
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Akibat kondisi medis tertentu
  • Stres
  • Kulit yang kering
  • Penggunaan kosmetik berbahan dasar kimia
  • Gaya hidup tidak sehat
Itulah beberapa penyebab kulit menjadi hitam dan gelap. Bagi kamu yang ingin menghindari penggunaan produk-produk komersil pemutih kulit yang mungkin harganya terlalu mahal, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memutihkan kulit tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang.

Bagaimana cara memutihkan kulit dengan bahan-bahan alami tersebut? Berikut adalah caranya dan langkah-langkahnya.


Melakukan diet sehat dan seimbang


Kita adalah apa yang kita makan. Jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka tubuh dan kulit pun akan menjadi tidak sehat.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan akan membuat kulit menjadi mudah kusam dan cepat dua.

Melakukan diet sehat yaitu mengkonsumsi makanan-makanan yang alami dan sehat terutama sayuran dan buah-buahan bisa membantu meningkatkan tekstur kulit dan membuatnya terlihat lebih berseri dan lebih sehat.

Meskipun saat ini mungkin kamu belum terbiasa makan sayur dan buah-buahan, bukan berarti kamu tidak bisa membiasakan kebiasaan sehat tersebut.

Cobalah secara perlahan mengganti makanan-makanan yang selama ini dianggap tidak sehat seperti makanan-makanan yang digoreng, dan makanan-makanan instan dengan menu-menu yang alami.

Dengan diet seimbang, berbagai kebutuhan vitamin akan bisa terpenuhi. Begitu juga dengan kebutuhan mineral, sehingga kulit akan lebih mudah untuk melakukan regenerasi sel.

Salah satu penyebab kulit menghitam adalah karena sel-sel kulit yang sudah tua yang tidak tergantikan atau tidak diangkat atau tidak dibersihkan.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, kulit akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengganti sel-sel yang sudah tua dan mati dengan sel-sel yang masih muda dan segar. Sehingga akan membuat kulit terlihat lebih cerah, lebih elastis, lebih kenyal, dan lebih halus.


Konsumsi air putih secara teratur


Jangan khawatir, mengkonsumsi banyak air putih tidak akan membuat tubuhmu berlemak. Karena air putih tidak mengandung lemak sedikitpun. Justru air putih bisa membantu mengurangi lemak.

Lalu mengapa ada banyak orang rajin mengkonsumsi air putih terlihat lebih gemuk?

Apabila kita rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang asin atau makanan yang banyak mengandung garam dan banyak minum air putih, maka hal tersebut akan menyebabkan tubuh menyimpan air lebih banyak dibandingkan seharusnya. Karena garam bisa mengikat air.

Ngomong-ngomong soal air putih, tubuh kita membutuhkan air putih, begitu juga dengan kulit. Jika ingin kulit sehat dan terlihat lebih putih, kamu harus minum air putih dalam jumlah yang cukup antara 8 hingga 10 gelas per hari atau lebih jika dibutuhkan.

Karena kulit yang kering, yang tidak terhidrasi, atau tidak mendapatkan cairan dalam jumlah yang cukup setiap hari akan terlihat kusam dan menghitam.

Agar air putih memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin, kamu bisa menambahkan sejumlah bahan-bahan lain kedalam air putih, seperti: lemon, madu, atau membuat air nabiz.


Membuat masker cendana


Masker bisa membantu melembutkan kulit dan bisa membantu mencerahkan kulit. Masker juga dikenal sebagai bahan terbaik untuk menghilangkan noda-noda dan mencegah timbulnya jerawat.

Bagi kamu yang kebetulan punya bubuk cendana, kamu bisa memanfaatkannya untuk masker wajah dengan cara:
  • Siapkan 2 sdm (sendok makan) bubuk cendana
  • Siapkan juga air mawar secukupnya
  • Campurkan bubuk cendana dan air mawar tersebut hingga mengental membentuk pasta
  • Bersihkan wajahmu dengan menggunakan air sebelum menerapkan pasta
  • Terapkan pasta di seluruh wajah dan di bagian leher lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Setelah itu, bersihkan, lalu cuci wajahmu dengan air dingin.
Cara di atas bisa kamu terapkan secara rutin seminggu sekali atau seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil terbaik.


Masker apel


Apel apabila dikonsumsi akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Kandungan buah apel yang kaya akan vitamin, tembaga, klorin, zinc, fosfor, magnesium dan besi dianggap bisa memutihkan kulit secara efektif.

Apel juga mengandung agen antioksidan yang akan mencegah penuaan dini dan menjauhkan kulit dari keriput. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa, buah apel mengandung sejumlah kolagen dan elastin yang bisa membantu menjaga kulit tetap awet muda.

Bagaimana cara memanfaatkan apel untuk memutihkan kulit? Berikut adalah caranya dan langkah-langkahnya.
  • Siapkan 1 buah apel, 1 kuning telur, dan 2 sdm (sendok makan) susu mentah
  • Kupas apel dan haluskan dengan menggunakan blender
  • Tambahkan susu lalu aduk rata
  • Lanjutkan dengan menambahkan kuning telur sambil diaduk hingga benar-benar membaur
  • Setelah membentuk pasta, terapkan di seluruh wajah dan kulit leher
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Akhiri dengan membersihkan dan membilas menggunakan air hangat suam-suam kuku