Tuesday, July 11, 2017

Anyang-anyangan dan Cara Paling Mudah Mengatasinya

Apa itu anyang-anyangan? Banyak orang yang mengenal anyang-anyangan sebagai akibat minum air setengah matang, atau karena minum air dingin yang dicampur air panas, dan bahkan ada yang menghubung-hubungkannya karena kebiasaan buang air kecil di sembarang tempat. Namun anyang-anyangan sebenarnya tidak ada kaitanya dengan mitos-mitos di atas.

Buah Cranberry


Anyang-anyangan menurut ilmu kedokteran disebut infeksi saluran kemih atau Biasa disingkat ISK. ISK adalah sebuah kondisi ketika organ yang ada di dalam sistem kemih seperti: kandung kemih, uretra dan termasuk juga ginjal mengalami infeksi.


Apa penyebab anyang-anyangan?



Bakteri E. Coli


Umumnya, penyebab infeksi saluran kemih adalah karena bakteri bernama E. Coli (Escherichia coli) yang hidup di saluran pencernaan. Lalu bagaimana bakteri tersebut bisa menyerang kandung kemih? Bakteri e. coli bisa sampai ke dalam kandung kemih biasanya akibat kebiasaan buruk ketika cebok setelah buang air besar (BAB). Kebiasaan cebok dengan membersihkan dubur (anus) dari belakang ke depan dan mengenai alat kelamin merupakan kebiasaan buruk yang seringkali menyebabkan bakteri berpindah dan masuk ke dalam saluran kencing. Atau, setelah cebok BAB dan sebelum membersihkan tangan, tangan tersebut digunakan untuk membersihkan kelamin, kadang-kadang, bakteri masih menempel di tangan dan kemudian berpindah serta masuk ke dalam saluran kemih.

Dalam kebanyakan kasus, wanita cenderung lebih mudah terkena bakteri e. coli penyebab ISK karena jarak anus dengan uretra sangat dekat. Selain itu, perjalanan bakteri ini dari uretra menuju kandung kemih juga sangat singkat.


Iritasi


Anyang-anyangan atau infeksi bisa juga diakibatkan karena iritasi setelah berhubungan seksual.


Saluran kemih yang tersumbat


Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Batu ginjal bisa menyebabkan saluran kemih tersumbat sehingga terjadi gangguan pada proses pengosongan urine.


Bakteri lainnya


Beberapa bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi diantaranya adalah:
  • Enterococcus faecalis
  • Staphylococcus saprophyticus
  • Streptococcus agalactiae
  • E. faecalis
  • Staphylococcus aureus.


Gejala (Tanda) infeksi saluran kemih


Penderita yang mengidap infeksi saluran kemih atau yang disebut juga dengan istilah infeksi kandung kemih sering merasa :

  • Perih ketika buang air kecil seperti perasaan Terbakar pada alat kelamin.
  • Merasa selalu ingin buang air kecil terus menerus.
  • Nyeri di atas tulang kemaluan
  • Nyeri pada punggung bagian bawah
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Urine berdarah
  • Urine bernanah

Gejala di atas bisa dialami dalam bentuk yang berbeda-beda pada setiap orang, ada yang berat namun ada juga yang ringan. Ada yang hanya mengalami satu atau dua poin gejala di atas namun ada juga yang mengalaminya lebih dari itu. Penyakit ini sendiri bisa berlangsung antara beberapa jam hingga berhari-hari biasanya maksimal hingga 6 hari.


Cara mengatasi anyang-anyangan (ISK)


Ada beberapa cara mudah mengatasi anyang-anyangan diantaranya adalah:


Dengan menggunakan obat alami


Salah satu obat alami yang paling manjur untuk mengatasi anyang-anyangan yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa dan termasuk juga oleh ibu hamil serta ibu menyusui adalah obat anyang-anyangan bernama Uricran (uri-cran). Obat ini terbuat dari ekstrak Cranberry, bisa membantu menjaga kesehatan saluran kemih. Obat alami ini bisa diminum untuk memelihara kesehatan dan untuk mengatasi anyang-anyangan.



Uricran merupakan jenis obat alami yang disarankan Jika anda ingin sembuh lebih cepat dan terhindar dari penyakit infeksi kandung kemih.


Minta bantuan dokter


Jika infeksi saluran kemih dialami lebih dari 2 hari atau terasa parah menyebabkan demam hingga mual dan muntah, maka sebaiknya datangi dokter untuk meminta bantuan.


Meredakan demam


Karena disebabkan oleh bakteri, biasanya Penyakit ini juga bisa di atasi dengan menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Sedangkan untuk demam sebaiknya di atasi dengan Paracetamol.


Perbanyak minum


Minum air putih atau mengkonsumsi banyak cairan yang berasal dari sayur maupun buah-buahan bisa dimanfaatkan untuk melancarkan buang air kecil dan agar buang air kecil bisa lebih sering. Semakin sering anda buang air kecil, maka kemungkinan besar bakteri penyebab infeksi dikeluarkan bersama-sama dengan urin.


Cara mencegah agar tidak terkena infeksi saluran kemih


Jika anda tidak ingin terkena anyang-anyangan, maka anda harus:

  • Biasakan untuk cebok dengan membersihkan kelamin sebelum membersihkan anus setelah BAB.
  • Saat membersihkan anus setelah BAB, siram dari depan ke belakang agar air yang digunakan untuk cebok tidak membawa bakteri ke saluran kemih.
  • Selalu gunakan sabun saat membersihkan anus maupun kelamin.
  • Biasakan buang air kecil dan cuci alat kelamin setelah berhubungan seksual.

.

No comments:

Post a Comment