Saturday, April 22, 2017

5 Trik Mudah Meningkatkan Konsentrasi Otak

Konesntrasi
via vulcancrew[dot]com


Gagal fokus adalah salah satu kendala terbesar yang seringkali menghambat produktivitas, baik terhadap diri sendiri maupun ketika bekerja. Gangguan sebenarnya tidak hanya kita dapatkan dari dunia luar seperti lingkungan atau orang lain, melainkan gangguan juga bisa kita dapatkan dari diri sendiri.

Jadi, tidak hanya harus mewaspadai orang lain yang menyebabkan kita kurang fokus, melainkan kita juga harus mewaspadai diri sendiri terutama apabila kesulitan untuk mengelola waktu.

Fokus adalah salah satu kunci sukses dan cara untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Fokus bisa mempengaruhi hasil maupun timing.

Jika kamu merasa sering kesulitan konsentrasi, tips meningkatkan konsentrasi sederhana berikut ini bisa kamu coba.


1. Manfaatkan doodle


Menggambar doodle
via pinterest[dot]com


Bagi banyak orang, membuat doodle adalah sebuah kebiasaan buruk yang dianggap buang-buang waktu. Tapi tahukah kamu? Menurut penelitian, membuat doodle sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan konsentrasi dan bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk berfikir.

Doodle bisa bermanfaat untuk membuat kita lebih produktif dan kreatif. Jika kamu sering menggambar ide-ide, atau menuangkan kalimat dalam sebuah gambar, kamu bisa terus berlatih mengembangkannya.

Karena melalui sebuah gambar sederhana (doodle), kadang-kadang bisa mengingatkan kita akan banyak hal.

Doodle juga kadang-kadang lebih mudah untuk diingat dibandingkan dengan kalimat atau kata-kata.


2. Buatlah daftar apa yang akan kamu lakukan


Todo list
via smallbiztrends[dot]com


To do list merupakan salah satu alat produktivitas yang paling sederhana sekaligus efektif.

Dengan menuliskan apa saja yang akan kamu lakukan sepanjang hari, kamu akan lebih mudah melalui hari dan mengerjakan setiap pekerjaan tanpa harus memikirkan apa yang akan kamu kerjakan selanjutnya.

Dengan adanya daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan, itu juga akan membuatmu menghilangkan kebiasaan buruk suka menunda-nunda. Apalagi jika daftar tersebut harus dikerjakan secara berurutan.

Daftar aktivitas yang akan kamu lakukan tersebut akan:
  • Banyak membantumu melakukan pekerjaan tepat pada waktunya
  • Menghindari pekerjaan yang tidak perlu
  • Tidak perlu memikirkan apa yang akan dilakukan nanti
  • Kamu juga tidak perlu repot mencari ide-ide apa yang harus kamu lakukan di sisa hari.


3. Lakukan sesuatu yang berbeda


Ngopi
via reference[dot]com


Jika merasa tidak fokus saat bekerja, cobalah untuk rehat sejenak dan melakukan sesuatu yang benar-benar tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Tips ini memang terdengar tidak masuk akal, akan tetapi jika kamu mencobanya, kamu akan merasakan perbedaannya. Terutama setelah kamu melakukan aktivitas yang benar-benar berbeda dan kemudian kembali lagi untuk bekerja.

Ini sedikit seperti break untuk mereset otakmu agar bisa mulai lagi dari awal. Jadi, setiap kali kamu merasa terganggu, daripada berusaha terlalu keras untuk berkonsentrasi pada tugas yang kamu kerjakan, cobalah sesekali keluar untuk berjalan-jalan, atau melakukan gerakan gerakan olahraga, mendengarkan 1 lagu, membuat kopi, atau melakukan kegiatan-kegiatan singkat lainnya.

Cara tersebut bisa membantu meningkatkan konsentrasi, membantu menyegarkan kembali pikiran, dan bisa membantu mengembalikan suasana hati.


4. Kunyah permen karet


Permen karet
via watchfit[dot]com


Menurut penelitian, mengunyah permen karet ternyata bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan bisa meningkatkan produktivitas. Mengunyah permen karet juga bisa membuat kita fokus lebih lama.

Mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan di Cardiff University, mengunyah permen karet adalah cara paling praktis untuk berkonsentrasi penuh secara continue.

Jadi, apabila kamu berencana untuk konsentrasi dalam waktu yang lama dalam sebuah pekerjaan dengan durasi yang panjang, cobalah mengunyah permen karet untuk menambah konsentrasi.


5. Meditasi


Meditasi
via chopra[dot]com


Mungkin kamu pernah mendengar tips yang satu ini. Namun kebanyakan orang-orang hanya fokus pada hasilnya dalam jangka panjang. Padahal, dalam jangka pendek, meditasi juga bisa memberikan hasil yang positif, terutama dalam meningkatkan konsentrasi.

Meditasi tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan tubuh, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah, dan mengurangi berbagai macam penyakit, namun juga bisa membantu mengatasi depresi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa meditasi bisa mengatasi gejala ADHD.

Meditasi merupakan cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan konsentrasi dan menenangkan pikiran. Banyak orang di luar sana menggunakan teknik ini sebagai solusi instant meningkatkan konsentrasi di tempat kerja.

Satu sesi meditasi yang dilakukan 5 menit saja, cukup bisa diandalkan membantu mengembalikan konsentrasi. Caranya;
  • Ambil nafas dalam-dalam untuk mengambil lebih banyak oksigen
  • Keluarkan secara perlahan
  • fokus
  • Buat pikiranmu tenang

No comments:

Post a Comment