Tuesday, February 21, 2017

10 Tips Belajar Segala Sesuatu Lebih Cepat

Cepat belajar
via udemy[dot]com


Pernahkah kamu merasa kalau, ada kalanya kamu merasa begitu sulit memahami atau mengingat sesuatu? Merasa seperti orang bodoh karena tidak mampu menguasai hal sederhana seperti orang lain?

Ketika kita belajar, ada banyak hal yang kita libatkan. Mulai dari metode belajar, kemampuan mengingat, apa yang kita makan, konsentrasi, energi yang kita miliki, oksigen yang kita hirup, hingga cara kita mengingat, semua itu sangat berpengaruh.

Jika kamu ingin cepat belajar dan mudah menguasai, kamu setidaknya bisa mengikuti 9 tips belajar cepat berikut ini.


Cara cepat belajar


  1. Pertama, jika ada pelajaran yang sulit, bagilah menjadi beberapa bagian, sehingga membentuk sub skill yang lebih kecil.
  2. Kemudian pelajari satu persatu skill kecil (sub-skill) tersebut dalam satu waktu.
  3. Pahami kesalahan yang kamu lakukan dan belajarlah dari kesalahan tersebut.
  4. Belajarlah setiap hari sebentar-sebentar (istiqomah), misalnya 1 jam setiap hari, daripada belajar 7 jam tapi seminggu sekali.
  5. Pantau kemajuan belajarmu dengan melakukan testing. Sembari kamu memantau perkembanganmu, cobalah untuk mengenali dirimu sendiri. Kenali apa kelebihanmu dan apa yang menjadi kekuranganmu dalam belajar.
  6. Jawab pertanyaan. Setelah kamu mempelajari sesuatu, buatlah pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya berkaitan dengan apa yang kamu pelajari dan cobalah untuk menjawabnya. Metode belajar efektif dan efisien biasanya melibatkan lebih banyak pertanyaan daripada membaca.
  7. Menurut penelitian, otak kita mampu mengingat 90% dari apa yang kita pelajari jika kita langsung memanfaatkannya untuk mengajarkan orang lain. Lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi (50%) atau dengan metode praktek (75%) sekalipun.
  8. Terapkan Pareto Principle yang dikenal juga dengan nama “80/20 rule.” Pelajari prinsip pareto.
  9. Pilih waktu belajar yang paling efektif. Waktu belajar sangat menentukan apakah pelajaran yang kita pelajari bisa masuk dengan mudah dan bisa dipahami dengan cepat atau tidak. Setiap orang memiliki waktu belajar (efektif) yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah belajar di pagi hari, di malam hari ketika suasana sangat tenang, pada sore hari, dan ada juga yang merasa jika pelajaran yang mereka pelajari lebih cepat masuk sebelum tidur.

    Tugasmu untuk menemukan waktu waktu terbaik tersebut.
  10. Pilihlah tempat yang paling ideal. Belajar juga membutuhkan lingkungan tertentu yang bisa men-support sehingga otak kita bisa bekerja dengan maksimal. Ada seseorang yang bisa belajar dengan cepat ketika mengurung diri di kamar, ada yang belajar lebih cepat ketika berada di perpustakaan, namun tidak sedikit juga yang belajar lebih cepat ketika berada di keramaian seperti di cafe misalnya, dll.
Itulah cara belajar segala sesuatu dengan lebih cepat sehingga waktu yang kamu habiskan lebih sedikit dan pelajaran yang masuk lebih banyak. Semoga bisa membantu.

No comments:

Post a Comment