Wednesday, February 15, 2017

10 Hal Sederhana yang Bisa Bermanfaat untuk Otak

Pikiran (otak) adalah bagian dari tubuh kita yang paling berharga. Jika otak mati, tubuh tidak akan berfungsi. Otakmu adalah aset berharga (bahkan yang paling berharga) yang harus kamu jaga dengan baik. Tapi, taukah kamu bagaimana cara menjaga otakmu agar tetap bisa berfungsi dengan baik setiap hari dan sepanjang hidupmu?

10 Hal Sederhana yang Bisa Bermanfaat untuk Otak
Pintar
via combiboilersleeds[dot]com



Jika kamu ingin menjaga agar otak tetap sehat, tetap bisa digunakan hingga tua, hal-hal sederhana berikut ini sebaiknya tidak kamu lupakan diriku


Tidur siang


Tahukah kamu kalau tidur siang, setidaknya 30 menit atau 45 menit bisa membantu menyegarkan tubuh. Namun tidak hanya itu manfaatnya, tidur siang kurang dari 2 jam bisa membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kemampuan mengingat, dan bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Bahkan, walaupun kamu hanya tidur 15 menit saja, jika itu adalah sebuah tidur yang berkualitas, kamu akan mendapatkan perbedaan yang cukup besar dibandingkan dengan jika kamu melanjutkan hari tanpa beristirahat.


Jadi cobalah untuk membiasakan diri tidur siang untuk menyegarkan tubuh untuk membantu merefresh otak, dan untuk meningkatkan kinerja otak serta untuk membuatnya agar bisa bertahan lebih lama.


Lakukan sesuatu yang kreatif sebelum tidur


Jika sepanjang hari kita bekerja sama ketika malam tiba tubuhnya dan otak sudah sangat capek dan lelah. Sehingga, banyak orang cenderung tidak memanfaatkan waktu malam mereka untuk melakukan aktivitas penting.

Namun tahukah kamu? Ketika kamu lelah, otakmu akan berpikir lebih kreatif. Hal tersebut terjadi otot akan berusaha untuk melakukan cara-cara yang efektif dan efisien agar bisa hemat tenaga.

Jadi kalau kamu ingin melakukan sesuatu misalnya menulis novel, artikel, atau buku, cobalah menulis sebelum kamu tidur.


Hindari melakukan multitasking


Fokuslah pada satu tugas di satu waktu. Walaupun otak kita bisa melakukan multitasking, namun fokus pada satu tugas saja di satu waktu terbukti bisa menjaga otak agar tidak mudah rusak dan usang, serta bermanfaat juga untuk memaksimalkan kemampuan otak hingga batas-batas yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Cara untuk fokus bisa kamu lakukan dengan banyak hal. Misalnya kamu kerjakan tugas di kamar kamar matikan televisi, letakkan gadget dalam keadaan silent.


Jangan lupa berolahraga


Salah satu olahraga paling murah dan paling efektif yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga agar otak tetap bisa dimanfaatkan hingga tua adalah kardio.

Kardio akan membuat tubuhmu jauh lebih sehat dan juga otakmu. Melakukan cardio selama 15 hingga 30 menit sehari harus menjadi bagian dari aktivitas harianmu untuk menjaga otak dengan memberikannya pasokan oksigen dan nutrisi. Karena olahraga bisa melancarkan peredaran darah yang membawa oksigen dan nutrisi di dalam tubuh.


Menulis


Menulis, memang bisa dilakukan di banyak media. Saat ini, menulis bisa dilakukan di komputer, di tablet, smartphone, dan lain-lain.

Tapi yang jelas, menulis dengan tangan (tulisan tangan) menurut penelitian dapat membuat kita menjadi jauh lebih pintar dibandingkan dengan mengetik menggunakan keyboard.

Setidaknya kau membiasakan diri menulis buku harian setiap hari. Selain bisa membantumu mengingat semua kejadian, menulis seperti yang telah dikatakan di atas juga bisa membantumu menjadi lebih pintar.


Penuhi kebutuhan vitamin harianmu


Mobil membutuhkan minyak, smartphonemu butuh baterai, begitu juga dengan otakmu. Otak membutuhkan nutrisi.

Berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh otak bisa dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan sehat terutama yang alami yang berasal dari sayur dan buah-buahan.

Menurut penelitian yang diterbitkan di British Journal of Nutrition, memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin setiap hari akan membuat otak kita yang jauh lebih sehat sehingga bisa berfungsi maksimal.


Pelajari bahasa baru


Belajar bahasa baru adalah salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan otak. Karena dengan belajar bahasa baru, otak akan dipaksa untuk beradaptasi.

Belajar bahasa bisa memperkaya hidup dan bisa membantu kita mempelajari berbagai budaya baru dari berbagai belahan dunia.


Optimis


Menjadi optimis adalah salah satu cara untuk menikmati hidup sekaligus untuk menjaga otak agar tetap bekerja secara brilian (smart).

Ketika kamu berpikir positif, menurut penelitian, otak akan mendapatkan manfaat yang sangat besar.


Meditasi


Meditasi adalah bentuk tertua dari relaksasi yang bisa membantu menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran. Kamu bisa belajar meditasi misalnya 5 menit untuk 1 sesi.

Meditasi bisa banyak bermanfaat untuk menguatkan konsentrasi dan menyegarkan pikiran.


Bermain kata dengan teman


Bermain kata juga bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan IQ.

No comments:

Post a Comment