Saturday, July 30, 2016

Bagaimana Cara Menghapus Noda Pewarna Makanan?

Noda pewarna makanan layaknya sebuah tinta. Memerlukan sedikit kesabaran untuk menghapusnya entah itu di pakaian maupun kulit kita. Pewarna makanan pada umumnya bisa dihapus dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa kita temukan di rumah. Namun perlu kamu tahu bahwa, pewarna makanan harus diekstraksi terlebih dahulu dengan bahan asam agar lebih mudah hilang.

Misalnya, kita bisa menggunakan air lemon atau pasta gigi. Kedua-duanya sama sama baik untuk mengurangi noda pewarna makanan di kulit maupun di baju.

Tips menghilangkan noda pewarna makanan pada pakaian atau kulit


Yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan noda karena pewarna makanan adalah, anda hanya perlu menerapkan bahan-bahan untuk menghapus noda pewarna makanan tersebut sedikit di bagian kulit atau kain yang terkena noda.

Bahan alami yang mengandung asam apabila tercampur dengan bahan pewarna makanan biasanya dapat menyebabkan pewarna makanan tersebut memudar. Namun kamu juga harus tahu bahwa kamu pewarna makanan yang sudah melekat di kulit atau di kain selama lebih dari 20 menit biasanya akan sulit untuk dibersihkan.

Untuk membersihkan noda pewarna makanan yang membandel, kita bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Pertama, kita bisa memanfaatkan pasta gigi. Caranya, bubuhkan sedikit pasta gigi di tempat-tempat yang terkena noda. Kemudian biarkan pasta gigi tersebut mengering selama kurang lebih 10 menit setelah itu cobalah untuk membersihkannya lalu cuci dengan air dingin. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan noda pewarna makanan yang membandel.

Selain menggunakan cara pertama, sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan baking soda yang dicampur kan dengan air. Menghilangkan noda pewarna makanan dengan bantuan baking soda caranya adalah, sediakan satu sendok baking soda kemudian tambahkan air secukupnya lalu aduk hingga membentuk pasta. Setelah itu gunakan untuk mengolesi bagian yang terkena noda dan berikan pijatan pijatan lembut selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas dengan air dan ulangi jika diperlukan.

Cara mudah menghilangkan noda pewarna makanan lainnya adalah dengan menggunakan alkohol. Alkohol bisa kita dapatkan di apotik biasanya noda membandel yang ada di kain atau kulit cukup mudah dibersihkan dengan bantuan alkohol. Namun ingat, alkohol bisa terasa perih di kulit sehingga dianjurkan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak. Selain itu, untuk kulit sensitif, alkohol bisa jadi terasa sangat keras. Jadi tetaplah berhati-hati.

Bahan lain yang bisa kita manfaatkan adalah mouthwash (obat kumur). Obat kumur yang sehari-hari kita gunakan untuk membersihkan mulut sebenarnya juga efektif apabila dimanfaatkan untuk menghilangkan berbagai jenis noda terutama noda pewarna makanan dari pakaian dan kulit. Cukup tumpahkan obat kumur secukupnya di tempat-tempat yang terkena noda makanan atau noda pewarna makanan kemudian cobalah untuk menghapusnya.

Terakhir, jika beberapa metode diatas belum bekerja untuk menghapus noda makanan yang membandel, cobalah untuk memanfaatkan cuka. Cuka banyak mengandung asam dan cukup baik apabila digunakan untuk menghapus warna pada makanan. Cuka cukup bisa diandalkan dan mudah kita dapatkan. Kita bisa menggunakan cuka sari apel yang terkenal ampuh mengatasi noda.

Friday, July 29, 2016

Tips Agar Merasa Tetap Hangat saat Cuaca Sedang Dingin

Kita seringkali mencari berbagai cara untuk menjaga agar tubuh kita tetap hangat terutama pada saat cuaca sedang dingin. Di indonesia sendiri, sebenarnya musim dingin tidak ada. Namun pada saat-saat tertentu, cuaca bisa jadi sangat dingin. Cuaca bisa menjadi sangat dingin ketika musim hujan namun pada musim panas cuaca juga bisa sangat dingin dan biasanya kita rasakan ketika pagi hari atau ketika malam hari.

Melakukan kegiatan tertentu misalnya berolahraga untuk menjaga agar tubuh tetap hangat tentu bukan pilihan bijak. Ada beberapa trik sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar tubuh kita tetap hangat terutama pada saat kita akan tidur di malam hari pada saat cuaca sangat dingin.

Alasan mengapa kita harus menghindari dan melindungi tubuh agar tidak terlalu merasa kedinginan ketika malam hari adalah karena, cuaca yang dingin dapat menyebabkan imun tubuh kita menurun sehingga berbagai penyakit termasuk juga virus lebih mudah menyerang. Itulah sebabnya mengapa ketika kita main hujan, atau ketika kita terkena gerimis, tubuh kita mudah merasa sakit atau terkena flu. Jadi, untuk menghindari agar imun tubuh tidak menurun, kita harus menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan hangat.

Cara menghangatkan tubuh saat cuaca dingin


Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan botol yang diisi dengan air hangat. Cara ini cukup efektif untuk memberikan kehangatan pada saat kita tidur. Caranya tidak sulit, cukup sediakan satu botol yang bersih misalnya botol bekas sirup lalu isi dengan air hangat dan bawa ke tempat tidurmu. Agar tidak membuat kulitmu melepuh, kamu bisa melapisinya dengan selimut.

Cara lain untuk membuat tubuh lebih hangat adalah dengan memanfaatkan kaos kaki. Kaos kaki yang tebal dan hangat akan menghindarkan kaki kita dari rasa dingin. Biasanya kaos kaki yang tebal dan berbulu cukup hangat dan cukup efektif digunakan untuk melawan rasa dingin ketika malam hari.

Dalam studi lain ditemukan bahwa, apabila kita menjaga kaki tetap hangat pada saat tidur, ternyata hal tersebut juga bisa membantu kita untuk tidak ngorok saat tidur. Jadi cobalah untuk menggunakan kaos kaki pada saat tidur jika kamu merasa kedinginan dan jika kamu ingin menghindari agar tidak tidur ngorok.

Tips lainnya adalah dengan menggunakan selimut. Tentu saja tips ini tidak asing ditelingamu. Namun yang membedakan, di sini kamu dianjurkan menggunakan selimut yang berbulu. Karena biasanya selimut yang berbulu memberikan rasa hangat yang lebih baik dibandingkan dengan selimut selimut biasa yang kita gunakan seperti sarung atau sejenisnya.

Mandi dulu sebelum tidur adalah cara lain untuk memberikan kehangatan bagi tubuh kita dimalam yang dingin. Mungkin tips membuat tubuh hangat di malam hari dengan mandi terdengar asing di telingamu dan sedikit aneh. Namun itulah faktanya. Mandi terutama dengan menggunakan air panas atau air hangat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kita merasa lebih hangat.

Jangan khawatir untuk mandi di malam hari karena mandi di malam hari tidak menyebabkan rematik atau berbagai penyakit lainnya. Justru manfaat kesehatan mandi di malam hari sangat banyak dan dianjurkan oleh dokter. Jika kamu merasa ragu dengan tips ini, kamu bisa searching di Google untuk mencari manfaat mandi malam apakah mandi malam menyebabkan rematik atau tidak? Dll. Jangan heran apabila kamu menemukan berbagai tips yang menyarankanmu untuk sering-sering mandi di malam hari karena hal tersebut sangat bermanfaat.

Thursday, July 28, 2016

Jeli Dalam Memilih Sekolah Anak

Meskipun saat ini, anak saya Kinza masih berusia 2 tahun, tapi saya sudah mulai memikirkan di mana dia akan bersekolah kelak pasalnya dari pelajaran yang saya dapat dari tempat saya tinggal dan pengalaman-pengalaman terdahulu saat saya bekerja dengan orang lain tidak memilih sekolah bukanlah hal yang mudah. Banyak orang tua yang menentukan kualitas sekolah dengan pendidikan dan pengajaran non-muslim daripada sekolah yang benar-benar mengajarkan agama lebih banyak seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI). Alasannya tentu saja mereka menginginkan yang terbaik untuk anaknya namun yang saya sayangkan mereka tidak memikirkan bagaimana agamanya di sekolah tersebut. Sekolah-sekolah umum khususnya mereka hanya memberikan pelajaran agama sekedarnya dibandingkan dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau sekolah islam lainnya.

Meskipun begitu, tidak semua sekolah islam juga bisa dimasuki karena hanya berbasis islam saja. Kita juga harus pandai-pandai memilih sekolah yang seperti apa yang sesuai dengan kaidah islam yang baik dan benar. Misalnya saja sekarang sudah banyak sekali sekolah-sekolah dengan berbasis islam kontemporer atau islam modern. Bukannya tidak setuju, tapi bagi saya dan suami, memilih sekolah-sekolah islam juga diperlukan kecermatan.

Pernah saya melihat ceramah yang dibawakan oleh Buya Yahya, Kalau sekolah tersebut berbeda dengan kaidah islam yang selama ini dipelajari, keluar segera. Jadi kita memang gak boleh main main soal kaidah.


Memilih sekolah islam harus jeli

Tentu saja bagi kami, memilih sekolah islam bukanlah hal yang juga mudah karena banyaknya pelajaran yang diberikan oleh mereka. Kami berencana akan memasukkan Kinza ke dalam sekolah islam atau dipondokkan sejak dini. Sebenarnya saya tergelitik, dengan pernyataan teman saya waktu ada di Bali bahwa ia tidak senang melihat dengan seorang kiai yang tangannya dicium oleh para santrinya, udah kuno kataya. Alasannya seperti apa aja tangannya sampai di cium begitu. Padahal salah satu hal tersebut adalah salah satu hormat kita kepada guru. Ilmu-ilmu seperti itulah yang saya ingin beri untuk anak saya. Ilmu-ilmu dasar bagaimana menghormati guru, memperlakukan buku, memperlakukan ilmu dan hal-hal kecil lainnya yang sekarang semakin dianggap enteng.

Tidak cukup hanya melihat betapa populernya sekolah tersebut atau betapa terkenalnya sekolah tersebut, kita harus benar-benar tahu, apa yang diajarkan didalam sekolah tersebut. Tidak mungkin kami membiarkan anak kami dididik dalam lingkup sekolah yang Aqidahnya tidak jelas. Semoga Allah selalu membimbing kami dan kita semua dalam memilih sekolah terbaik untuk anak-anak kita, Aamiin...

Wednesday, July 27, 2016

Masjid dan Anak-anak

Hari ini, mungkin Kinza sudah kesekian kalinya diajak Abinya ke Masjid. Ya.. baru beberapa kali dan itupun diwaktu-waktu sholat yang sepi pendatang #eh. Kadang, acara pergi ke masjid ini mengundang beberapa pendapat dari banyak kalangan, yang jelas bukan kalangan artis :)). Ada beberapa kelompok yang menganjurkan anaknya diajak kemasjid sejak masih kecil, dan ada yang memilih untuk tidak mengajaknya terlebih dahulu dengan beberapa alasan. Dan.. ya.. anggap saja, suami saya adalah tipe orang yang kedua.

Ramai di masjid

Beberapa kali saya melihat postingan di FB memperdebatkan anak yang gak boleh diajak kemasjid. Melihat larangan masjid dimasuki anak-anak dan sejenisnya. Dengan dalih, kalau dilarang ke masjid, mau jadi apa? Tempat game yang ramai dikunjungi karena gak boleh masuk masjid. Hah... Saya sedikit tergelitik saja dengan pernyataan ini. Pengurus masjid tidak memperbolehkan anak-anak pergi kemasjid karena ramai dan itu menggangu ibadah orang lain.

Ya.. mungkin sebagian orang tua menyadari akan hal itu, tapi orang tua yang lain ingin anaknya belajar untuk mendatangi masjid sejak dia masih kecil agar terbiasa. Yang perlu dicatat adalah, gak semua anak yang gak diajak kemasjid itu nantinya susah untuk datang ke masjid. Menurut saya, datang tidaknya anak dimasa depan untuk pergi kemasjid, tergantung bagaimana pendidikan dari orang tua, dari rumahnya. Gak kemasjid, bukan berarti rajin ke game online lo ya.. kembali lagi kepada didikan diawal.

Anak yang belum bisa membedakan baik dan buruk

Bagi mereka, dimanapun tempatnya gak peduli disana harus tenang atau bleh rame, tetepa saja mereka akan bermain. Anak yang belum bisa membedakan baik dan buruk akan bertindak seperti itu.

Intinya sih.. Memang perlu mengenalkan anak kepada masjid sejak dini, namun kita sebagai orang tua juga harus menyadari, bahwa ada orang lain dimasjid yang ingin beribadah dengan khusyuk. Menyesuaikan saja waktunya, bisa dibawa kemasjid saat senggang seperti waktu dzuhur atau ashar, masjid gak selalu rame kan hehehe..

Monday, July 25, 2016

Fashion yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan

Belum banyak masyarakat Indonesia yang menyadari bahwa kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian dan sangat berbahaya. Kanker kulit disebabkan karena sinar ultraviolet (UV) yaitu sebuah radiasi dari sinar matahari. Satu-satunya cara untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV adalah dengan melindungi kulit menggunakan tabir surya atau pakaian yang kita gunakan.

Ketika kita masih balita hingga menginjak usia tua, pada saat itu paparan sinar matahari sangat di butuhkan untuk membantu kesehatan serta pertumbuhan tulang dan gigi. Karena sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D. Namun sayangnya, ketika kita masih kecil dan hingga kita memasuki masa remaja, ini adalah saat di mana paparan sinar matahari sangat berbahaya yang dapat menyebabkan perkembangan kanker kulit di kemudian hari ketika kita dewasa. Bukti-bukti ilmiah menunjukkan bahwa kerusakan sel yang disebabkan karena radiasi sinar ultraviolet akan menyebabkan kanker kulit ketika dewasa.

Kapan matahari sangat berbahaya?

Mungkin banyak diantara kita yang akan kesulitan untuk menghindari matahari. Karena sinar matahari seperti yang telah disebutkan sebelumnya sangat kita butuhkan sebagai sumber vitamin D selain dari makanan. Menurut ahli kesehatan, sinar matahari bisa sangat berbahaya dan paparannya banyak mengandung sinar ultraviolet mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 14.00 dan ada juga yang mengatakan antara pukul 11.00 hingga pukul 15.00 sore.

Fashion dan kesehatan

Melihat betapa berbahayanya paparan sinar matahari kemana selain dapat menyebabkan gangguan kulit seperti kanker kulit, ternyata terpapar sinar matahari terus-menerus juga akan menyebabkan kulit menjadi kusam, menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, dan bahkan menyebabkan penumpukan tan yang membuat kulit kita menjadi lebih gelap atau tampak belang.

Kaitannya dengan dunia fashion, jika kita beraktivitas di siang hari tanpa harus kehilangan gaya, misalnya jika kamu adalah seorang wanita, kamu bisa memanfaatkan kaos wanita lengan panjang yang dipadukan dengan celana jeans lengan panjang. Bagi kamu para muslimah, menggunakan hijab atau jilbab juga akan membantumu terlindungi dari sinar matahari ketika harus keluar di siang hari, misalnya tanpa menggunakan payung. Memilih kaos wanita lengan panjang  yang nyaman untuk digunakan, terutama yang berbahan katun dan yang sesuai dengan model saat ini, terlihat modern dan gaya adalah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan sekaligus untuk tampil lebih stylish.

Di bagian kulit yang terbuka, kamu sebaiknya menggunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi. Saat menggunakan tabir surya, kamu juga harus tahu aturannya. Tabir surya harus digunakan setidaknya satu jam atau 30 menit sebelum kita keluar ruangan.

Hal lain yang harus kamu perhatikan apabila menggunakan tabir surya adalah, gunakanlah tabir surya walaupun cuaca tampaknya mendung di siang hari. Pastikan kamu tidak menggunakan tabir surya yang sudah kadaluarsa, dan ingat untuk memperbarui tabir surya setiap beberapa jam sekali, lebih-lebih jika kamu sering berkeringat.

Selain menggunakan pakaian untuk melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet, kita sebenarnya juga bisa memanfaatkan topi untuk melindungi bagian kepala. Dianjurkan juga menggunakan sun glasses karena sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari bahaya sinar matahari.

Pada saat matahari bersinar dengan terik, kita juga harus berhati-hati saat berada di atas beberapa permukaan, seperti diatas air, di atas salju, atau diatas pasir. Karena beberapa permukaan yang telah disebutkan tersebut adalah permukaan yang dapat memantulkan cahaya sinar matahari sehingga bisa menjadi lebih berbahaya.

Sunday, July 24, 2016

Pengalaman Saya Memutihkan Baju Kurang dari Satu Jam, Dijamin Berhasil!


Hyaaa... Pagi ini saya sempat heboh sendiri, pasalnya.. semua baju putih milik suami saya yang pada kusem dan mau saya bikin putih, emalah tambah jadi warna coklat gara-gara pake pemutih merk baiklin itu. Pengalaman yang bener-bener menjengkelkan, udah tangan pada bau, ketambahan baju yang saya inginkan enggak sesuai rencana. Cepet-cepet sayabuang pemutih dengan dongkol. Ternyata, gak semudah itu memutihkan baju dengan cara yang asal tebak wkwkwkw..

Kemudian, ide saya untuk membuka internet #bukan ide sih, tapi kepepet haha# buat nyari solusi cara memutihkan baju yang udah keliatan kusem saya lakukan juga. Dan taraaaaaaa... saya berhasil!!

Pake Pemutih, Jangan Pernah! Buang Kalo perlu

Pemutih yang banyak dijual dipasaran memang sangat banyak untuk mengatasi baju kusam atau memutihkan baju putih yang gak lagi putih warnanya. Tapi, saya gak menyarankan menggunakan pemutih ini. Kemaren sih pemutih itu tinggalan mertua saya yang mesen, ternyata beliau mencuci mukenah saya dengan pemutih itu karena banyak bintik-bintik itemnya. Tapi saya lihat, warna mukena saya dari orange jadi kuning muda hahaha.. Dampak pemutih, udah bau, kemudian warna jadi luntur semua. Selain itu, pakaian jadi cepat rusak.

Menggunakan Sitrun untuk memutihkan baju kusam

Sebenarnya sudah sejak dulu sih, saya mendengar kalo pake sitrun bisa jadiin baju putih berubah jadi kinclong, tapi saya gak pernah nyoba. Eh ternyaaaa.. beneran loooo.. Baju suami saya yang tadi abis kena pemutih jadi coklat, saya kasih sitrun gak ada sejam, eh bukan, gak ada tigapuluh menit udah jadi kayak baju baruuuuu. Cara memutihkan baju paling ampuh memang ternyata hanya pake citrun doank gitu. Kalo gak tau, bisa dibeli di toko-toko kecil deket rumah lah.. bungkusnya udah saya buang tadi, cuma seribu perak satu bungkus kecil.

Pake air panas

Nah ini, berhubung saya dah kalap aja, saya mencairkan sitrun untuk memutihkan baju dengan air panas, ya air mendidih dicampur dengan air dingin dikitlahh..  Saya gak tau kalo pake air dingin, mungkin gak secepat pake air panas. Ukurannya, saya tadi pake 3 bungkus kecil dengan air kira-kira 5 literan gitu.

Bisa pake baju yang bersablon

Iseng, saya masukin baju anak saya Kinza yang kusemnya masyaAllah kedalam larutan sitrun bekas mencuci baju putih milih suami, dan hasilnyaaa.. mengejutkan. Sitrun juga bisa membersihkan baju bersablon tanpa merusak sablon tersebut, ajaib dah! Selain itu, daster hello kitty saya juga jadi kinclong lagii ahahha.. pokoknya seneng banget :D. Buat kamu yang bingung cari cara memutihkan baju yang bener-bener aman dan ampuh, pake sitrun aja, saya sudah buktiin, dijamin pokoknya.

Friday, July 22, 2016

Greget! Ternyata Iri Masih Menguasai Hati

Sejak dulu, masalah ini masih sering tengok tengokin saya dan hati saya. Kadang, saya ngerasa mual sendiri, ngerasa gak enak badan, gak enak ati dan gak enak mau ngapa-ngapain. Greget rasanya.. Ketika saya tiba-tiba iri dengan si A dan Si B dengan berbagai alasan yang gak tentu yang tentunya membuat saya memiliki banyak alasan untuk iri.

Kadang, Saya memandang Sebelah Mata

Memang, iri selalu disebabkan oleh pandangan kita kepada orang yang "rumputnya lebih hijau". Saya bahkan mengakuinya dengan sangat sadar, saya hanya mau.. iri ini bisa hancur dalam hati saya. Semuaorang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dada saya gak berhenti berdebar serta menjadi sangat malas, itu tandanya saya iri, bahkan suami saya aja gak tau ehehheee..

Belajar Bersyukur

Syukur dan sabar, dua hal yang sepele katanya, iya.. dikatakan, cuma sangat sulit dijalankan. Perna saya melihat sebuah video yang isinya, bagaimana kita harus bersykur dengan cara yang baik. Allah i pemberi keadilan, dan kita sebagai manusia yang cuma hanya tau tentang yang enak enak saja, susah sekali bersyukur.. Tetap, belajar bersykur menjadi prioritas yang harus diutamakan dalam hidup ini.

Menghapus Iri, caranya?

Saya selalu mengalihkan pandangan saya akan hidup seseorang, saya mencari cari cara bagaimana menemukan bahwa saya istimewa, saya memiliki hal-hal yang tidak dimiliki oleh orang tersebut. Dan iri masalah kesalehan, yang sebenarnya ingin selalu saya jaga. Dan saya benci ketika harus iri karena urusan dunia, benci sekali.