Monday, August 29, 2016

Menjaga dan Merawat Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Merawat kulit wajah berminyak harus dilakukan oleh mereka yang memiliki kulit wajah berminyak. Karena jika tidak, kulit wajah berminyak benar-benar bisa membuat kita menjadi prestasi. Terutama ketika minyak terakumulasi secara berlebihan dan tercampur dengan keringat terutama pada saat cuaca panas. Kadang-kadang, kulit wajah berminyak membuat kita tidak bisa menampilkan kecantikan kita yang sebenarnya. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara alami merawat wajah berminyak yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Namun kita juga harus tahu bahwa, kadang-kadang, makanan yang kita konsumsi dapat memainkan peranan penting dalam menciptakan keseimbangan minyak di dalam tubuh kita.


Masalah kulit wajah berminyak



Kulit wajah yang berminyak menyebabkan muka terlihat mengkilat, berwarna buram dan sulit untuk ditangani. Kelebihan minyak yang menumpuk Di lapisan luar kulit kita dapat memancing munculnya beberapa masalah kulit lainnya seperti, whiteheads, komedo, iritasi kulit, dan jerawat. Selain itu, kulit wajah berminyak juga seringkali memiliki pori-pori yang sangat besar dan tampilan yang kasar.

Namun disamping kelemahan dan kekurangannya tersebut, kulit wajah berminyak juga memiliki beberapa kelebihan. Diantara keuntungan memiliki kulit wajah berminyak adalah, wajah tersebut akan cenderung awet muda dan tidak mudah terdapat kerutan .


Cara merawat kulit wajah berminyak secara alami



Penyebab kulit wajah berminyak diantaranya adalah, pilihan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, faktor stres, perubahan hormon di dalam tubuh, karena pubertas, dan bisa juga disebabkan karena faktor genetik. Pada umumnya, perempuan lebih rentan terhadap kulit berminyak selama mereka mengalami menstruasi, kehamilan, apabila mereka menggunakan pil KB, dan pada saat memasuki usia menopause.

Untuk mengatasi kulit wajah berminyak, setidaknya ada beberapa solusi alami yang bisa diterapkan. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.


1. Menggunakan air lemon



Air lemon adalah solusi terbaik untuk mengatasi kelebihan minyak di wajah. Air lemon mengandung asam sitrat yang merupakan zat terbaik untuk mengurangi kelebihan minyak. Selain itu, untuk menghindari jerawat dan lain sebagainya yang disebabkan oleh bakteri, air lemon juga adalah solusinya mengingat dalam air tersebut terkandung sifat antiseptik. Sifat antiseptik tersebut juga memberikan keuntungan lain yaitu, dapat membantu mencerahkan kulit dan mengembalikan keseimbangan PH kulit.

Cara menggunakan lemon untuk menangani kulit wajah berminyak adalah dengan cara,

Sediakan satu sendok teh air lemon kemudian mencampurkan dengan satu setengah sendok teh air bersih. Setelah diaduk hingga rata, oleskan ke kulit menggunakan bola kapas.

Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Air lemon bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Jadi, agar kulit tidak kering dan terlihat kusam, setelah menggunakan air lemon sebaiknya kamu menerapkan pelembab. Cara ini bisa dilakukan sehari sekali.

Cara yang kedua adalah dengan menyediakan satu sendok makan jus lemon, Kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan susu.

Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan biarkan hingga mengering selama kurang lebih 10 hingga 15 menit sebelum dicuci dengan air dingin. Metode ini juga bisa dilakukan setidaknya sehari sekali.


Mengatasi kulit wajah berminyak dengan kulit telur



Untuk kulit wajah berminyak, bagian putih telur adalah yang terbaik. Sedangkan kuning telur tidak kita gunakan. Putih telur mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan efektif untuk mengurangi kelebihan minyak di kulit wajah kita. Selain itu, putih telur juga efektif untuk mengencangkan kulit sehingga sangat bermanfaat jika kita ingin menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

Cara memanfaatkan putih telur untuk mengatasi kulit wajah berminyak adalah,

Siapkan satu butir telur kemudian pisahkan antara putih dan kuningnya. Setelah itu, oleskan putih telur ke seluruh wajah secara merata.

Biarkan hingga mengering sebelum kemudian dicuci dengan air hangat.

Cara ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. maksimal dua minggu sekali.

Cara lain memanfaatkan putih telur untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah adalah,

Siapkan putih telur kemudian tambahkan air lemon lalu aduk hingga rata.

Setelah itu gunakan campuran tersebut untuk mengolesi wajahmu dan biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Manfaat menggunakan air lemon sebagai campuran adalah untuk menyerap minyak terutama apabila kulitmu memiliki minyak yang sangat tebal dan banyak.


Menghilangkan kelebihan minyak dengan tomat



Tomat juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Tomat sangat bermanfaat karena memiliki sifat alami yang bisa mendinginkan, memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, dan memiliki kandungan asam yang secara efektif bisa menyerap minyak secara alami dan membuat kulit wajah terlihat lebih bersih.

Cara memanfaatkan tomat untuk membersihkan kulit wajah berminyak adalah,

Ambil tomat yang masih segar kemudian potong menjadi dua bagian. Lalu gunakan untuk mengolesi wajahmu secara merata.

Biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan menggunakan air dingin.

Setelah itu kami terapkan pelembab bebas minyak.

Cara lain yang bisa kita lakukan dengan menggunakan tomat untuk membersihkan kelebihan minyak di wajah adalah dengan cara, kita bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan madu.


Cara menggunakan timun untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah



Mentimun adalah solusi lain untuk kulit wajah berminyak. Timun mengandung astrigent, memiliki sifat untuk mendinginkan dan menenangkan. Selain itu, timun juga mengandung vitamin serta mineral yang sangat banyak diantaranya adalah, vitamin A, vitamin E, kalium, dan magnesium.

Cara memanfaatkan timun untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah adalah,

Ambil timun yang masih segar kemudian. Dan gunakan untuk menggosok wajahmu. Setelah digunakan untuk menggosok wajah secara rata, biarkan setidaknya semalaman sebelum keesokan paginya dibilas dengan air hangat. Metode ini bisa kamu terapkan setidaknya setiap hari sebelum tidur.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh mentimun yang sudah dihaluskan dengan air jeruk nipis.

Campuran tersebut bisa kamu oleskan di seluruh kulit wajah dan biarkan hingga mengering sebelum dicuci dengan menggunakan air hangat. Metode ini bisa diterapkan setidaknya satu hari sekali. Mentimun juga bisa membantu menyamarkan bintik-bintik dan membantu mencerahkan atau memutihkan kulit.

No comments:

Post a Comment