Wednesday, July 27, 2016

Masjid dan Anak-anak

Hari ini, mungkin Kinza sudah kesekian kalinya diajak Abinya ke Masjid. Ya.. baru beberapa kali dan itupun diwaktu-waktu sholat yang sepi pendatang #eh. Kadang, acara pergi ke masjid ini mengundang beberapa pendapat dari banyak kalangan, yang jelas bukan kalangan artis :)). Ada beberapa kelompok yang menganjurkan anaknya diajak kemasjid sejak masih kecil, dan ada yang memilih untuk tidak mengajaknya terlebih dahulu dengan beberapa alasan. Dan.. ya.. anggap saja, suami saya adalah tipe orang yang kedua.

Ramai di masjid

Beberapa kali saya melihat postingan di FB memperdebatkan anak yang gak boleh diajak kemasjid. Melihat larangan masjid dimasuki anak-anak dan sejenisnya. Dengan dalih, kalau dilarang ke masjid, mau jadi apa? Tempat game yang ramai dikunjungi karena gak boleh masuk masjid. Hah... Saya sedikit tergelitik saja dengan pernyataan ini. Pengurus masjid tidak memperbolehkan anak-anak pergi kemasjid karena ramai dan itu menggangu ibadah orang lain.

Ya.. mungkin sebagian orang tua menyadari akan hal itu, tapi orang tua yang lain ingin anaknya belajar untuk mendatangi masjid sejak dia masih kecil agar terbiasa. Yang perlu dicatat adalah, gak semua anak yang gak diajak kemasjid itu nantinya susah untuk datang ke masjid. Menurut saya, datang tidaknya anak dimasa depan untuk pergi kemasjid, tergantung bagaimana pendidikan dari orang tua, dari rumahnya. Gak kemasjid, bukan berarti rajin ke game online lo ya.. kembali lagi kepada didikan diawal.

Anak yang belum bisa membedakan baik dan buruk

Bagi mereka, dimanapun tempatnya gak peduli disana harus tenang atau bleh rame, tetepa saja mereka akan bermain. Anak yang belum bisa membedakan baik dan buruk akan bertindak seperti itu.

Intinya sih.. Memang perlu mengenalkan anak kepada masjid sejak dini, namun kita sebagai orang tua juga harus menyadari, bahwa ada orang lain dimasjid yang ingin beribadah dengan khusyuk. Menyesuaikan saja waktunya, bisa dibawa kemasjid saat senggang seperti waktu dzuhur atau ashar, masjid gak selalu rame kan hehehe..

No comments:

Post a Comment