Monday, July 25, 2016

Fashion yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan

Belum banyak masyarakat Indonesia yang menyadari bahwa kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian dan sangat berbahaya. Kanker kulit disebabkan karena sinar ultraviolet (UV) yaitu sebuah radiasi dari sinar matahari. Satu-satunya cara untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV adalah dengan melindungi kulit menggunakan tabir surya atau pakaian yang kita gunakan.

Ketika kita masih balita hingga menginjak usia tua, pada saat itu paparan sinar matahari sangat di butuhkan untuk membantu kesehatan serta pertumbuhan tulang dan gigi. Karena sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D. Namun sayangnya, ketika kita masih kecil dan hingga kita memasuki masa remaja, ini adalah saat di mana paparan sinar matahari sangat berbahaya yang dapat menyebabkan perkembangan kanker kulit di kemudian hari ketika kita dewasa. Bukti-bukti ilmiah menunjukkan bahwa kerusakan sel yang disebabkan karena radiasi sinar ultraviolet akan menyebabkan kanker kulit ketika dewasa.

Kapan matahari sangat berbahaya?

Mungkin banyak diantara kita yang akan kesulitan untuk menghindari matahari. Karena sinar matahari seperti yang telah disebutkan sebelumnya sangat kita butuhkan sebagai sumber vitamin D selain dari makanan. Menurut ahli kesehatan, sinar matahari bisa sangat berbahaya dan paparannya banyak mengandung sinar ultraviolet mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 14.00 dan ada juga yang mengatakan antara pukul 11.00 hingga pukul 15.00 sore.

Fashion dan kesehatan

Melihat betapa berbahayanya paparan sinar matahari kemana selain dapat menyebabkan gangguan kulit seperti kanker kulit, ternyata terpapar sinar matahari terus-menerus juga akan menyebabkan kulit menjadi kusam, menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, dan bahkan menyebabkan penumpukan tan yang membuat kulit kita menjadi lebih gelap atau tampak belang.

Kaitannya dengan dunia fashion, jika kita beraktivitas di siang hari tanpa harus kehilangan gaya, misalnya jika kamu adalah seorang wanita, kamu bisa memanfaatkan kaos wanita lengan panjang yang dipadukan dengan celana jeans lengan panjang. Bagi kamu para muslimah, menggunakan hijab atau jilbab juga akan membantumu terlindungi dari sinar matahari ketika harus keluar di siang hari, misalnya tanpa menggunakan payung. Memilih kaos wanita lengan panjang  yang nyaman untuk digunakan, terutama yang berbahan katun dan yang sesuai dengan model saat ini, terlihat modern dan gaya adalah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan sekaligus untuk tampil lebih stylish.

Di bagian kulit yang terbuka, kamu sebaiknya menggunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi. Saat menggunakan tabir surya, kamu juga harus tahu aturannya. Tabir surya harus digunakan setidaknya satu jam atau 30 menit sebelum kita keluar ruangan.

Hal lain yang harus kamu perhatikan apabila menggunakan tabir surya adalah, gunakanlah tabir surya walaupun cuaca tampaknya mendung di siang hari. Pastikan kamu tidak menggunakan tabir surya yang sudah kadaluarsa, dan ingat untuk memperbarui tabir surya setiap beberapa jam sekali, lebih-lebih jika kamu sering berkeringat.

Selain menggunakan pakaian untuk melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet, kita sebenarnya juga bisa memanfaatkan topi untuk melindungi bagian kepala. Dianjurkan juga menggunakan sun glasses karena sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari bahaya sinar matahari.

Pada saat matahari bersinar dengan terik, kita juga harus berhati-hati saat berada di atas beberapa permukaan, seperti diatas air, di atas salju, atau diatas pasir. Karena beberapa permukaan yang telah disebutkan tersebut adalah permukaan yang dapat memantulkan cahaya sinar matahari sehingga bisa menjadi lebih berbahaya.

No comments:

Post a Comment