Saturday, July 30, 2016

Bagaimana Cara Menghapus Noda Pewarna Makanan?

Noda pewarna makanan layaknya sebuah tinta. Memerlukan sedikit kesabaran untuk menghapusnya entah itu di pakaian maupun kulit kita. Pewarna makanan pada umumnya bisa dihapus dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa kita temukan di rumah. Namun perlu kamu tahu bahwa, pewarna makanan harus diekstraksi terlebih dahulu dengan bahan asam agar lebih mudah hilang.

Misalnya, kita bisa menggunakan air lemon atau pasta gigi. Kedua-duanya sama sama baik untuk mengurangi noda pewarna makanan di kulit maupun di baju.

Tips menghilangkan noda pewarna makanan pada pakaian atau kulit


Yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan noda karena pewarna makanan adalah, anda hanya perlu menerapkan bahan-bahan untuk menghapus noda pewarna makanan tersebut sedikit di bagian kulit atau kain yang terkena noda.

Bahan alami yang mengandung asam apabila tercampur dengan bahan pewarna makanan biasanya dapat menyebabkan pewarna makanan tersebut memudar. Namun kamu juga harus tahu bahwa kamu pewarna makanan yang sudah melekat di kulit atau di kain selama lebih dari 20 menit biasanya akan sulit untuk dibersihkan.

Untuk membersihkan noda pewarna makanan yang membandel, kita bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Pertama, kita bisa memanfaatkan pasta gigi. Caranya, bubuhkan sedikit pasta gigi di tempat-tempat yang terkena noda. Kemudian biarkan pasta gigi tersebut mengering selama kurang lebih 10 menit setelah itu cobalah untuk membersihkannya lalu cuci dengan air dingin. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan noda pewarna makanan yang membandel.

Selain menggunakan cara pertama, sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan baking soda yang dicampur kan dengan air. Menghilangkan noda pewarna makanan dengan bantuan baking soda caranya adalah, sediakan satu sendok baking soda kemudian tambahkan air secukupnya lalu aduk hingga membentuk pasta. Setelah itu gunakan untuk mengolesi bagian yang terkena noda dan berikan pijatan pijatan lembut selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas dengan air dan ulangi jika diperlukan.

Cara mudah menghilangkan noda pewarna makanan lainnya adalah dengan menggunakan alkohol. Alkohol bisa kita dapatkan di apotik biasanya noda membandel yang ada di kain atau kulit cukup mudah dibersihkan dengan bantuan alkohol. Namun ingat, alkohol bisa terasa perih di kulit sehingga dianjurkan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak. Selain itu, untuk kulit sensitif, alkohol bisa jadi terasa sangat keras. Jadi tetaplah berhati-hati.

Bahan lain yang bisa kita manfaatkan adalah mouthwash (obat kumur). Obat kumur yang sehari-hari kita gunakan untuk membersihkan mulut sebenarnya juga efektif apabila dimanfaatkan untuk menghilangkan berbagai jenis noda terutama noda pewarna makanan dari pakaian dan kulit. Cukup tumpahkan obat kumur secukupnya di tempat-tempat yang terkena noda makanan atau noda pewarna makanan kemudian cobalah untuk menghapusnya.

Terakhir, jika beberapa metode diatas belum bekerja untuk menghapus noda makanan yang membandel, cobalah untuk memanfaatkan cuka. Cuka banyak mengandung asam dan cukup baik apabila digunakan untuk menghapus warna pada makanan. Cuka cukup bisa diandalkan dan mudah kita dapatkan. Kita bisa menggunakan cuka sari apel yang terkenal ampuh mengatasi noda.

No comments:

Post a Comment