Saturday, January 9, 2016

Tidak Hanya Merencanakan, Cara Mengelola Keuangan Keluarga Ini Harus Dilakukan

Melakukan pengelolaan dan pengaturan keuangan merupakan kewajiban bagi setiap orang terutama bagi Anda yang telah memulai berkeluarga. Hal tersebut dikarenakan biaya yang dikeluarkan akan lebih tinggi atau besar dibandingkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari ketika masih melajang. Pada dasarnya, untuk pengelolaan baik untuk diri sendiri ataupun cara mengelola keuangan keluarga adalah apakah Anda mampu untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan atau mampu menempatkan prioritas yang lebih utama sehingga Anda tidak akan mengalami masalah keuangan.

Tidak hanya mampu merencanakan, misalnya mengatur pengeluaran agar tidak lebih dari jumlah pendapatan untuk membeli barang yang kurang diperlukan, namun, Anda juga harus melakukan beberapa macam cara agar pengelolaan keuangan menjadi lebih baik. Pertama adalah hindari melakukan hutang. Untuk menghindari adanya hutang, maka Anda harus menabung terlebih dahulu. Anda dapat menyisihkan 30% bagian dari sisa pendapatan yang Anda miliki untuk ditabung sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi secara mendadak misalnya terjadi kecelakaan yang membutuhkan biaya pengobatan.

 Langkah kedua sebagai tips mengatur keuangan keluarga adalah dengan menetapkan target jangka panjang. Cara ini dilakukan untuk dapat memacu semangat Anda untuk bekerja lebih keras lagi dan berhemat sebisa mungkin. Anda juga akan menjadi lebih fokus dan tertib dalam mengatur keuangan yang telah Anda susun sebelumnya. Cara ini juga dapat bermanfaat untuk mengurangi adanya pemborosan karena keinginan untuk memiliki suatu barang tertentu yang mungkin harganya lebih mahal dari pengeluaran yang Anda tetapkan.

Untuk mempersiapkan masa depan menjadi lebih baik, Anda dapat berinvestasi atau melakukan asuransi. Cara mengelola keuangan keluarga ini dapat Anda gunakan sebagai jaminan masa depan. Misalnya, dengan berinvestasi walaupun memulai dari investasi beresiko rendah, Anda dapat memperoleh keuntungan dimasa depan jika berjalan sesuai dengan rencana. Dengan asuransi, baik asuransi jiwa, kesehatan ataupun pendidikan, Anda dapat memperoleh jaminan di masa depan. Misalnya ketika sakit parah, Anda dapat mengajukan klaim untuk jenis asuransi kesehatan sehingga biaya pengobatan yang dikeluarkan tidak menjadi beban bagi Anda.

No comments:

Post a Comment