Saturday, January 9, 2016

Sosialisasi Pencegahan Virus Hepatitis di Kampus IPB

Penanggulangan penyebaran virus hepatitis di kawasan kampus menjadi salah satu prioritas yang dilakukan oleh pihak IPB (Institut Pertanian Bogor) dalam menanggapi masalah penyebaran penyakit yang satu ini. Melalui sosialisasi yang dilakukan kepada seluruh mahasiswa Program Kompetensi Umum yang ada di asrama pada tanggal 10 Desember lalu, berbagai materi pencegahan disampaikan demi mencegah penyebaran penyakit dan memberikan langkah cepat dalam menanggapi masalah kesehatan tersebut. Sosialisasi yang berlangsung beberapa hari secara bergantian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu strategi yang efektif untuk menanggulangi dan mencegah adanya penyebaran virus hepatitis terutama bagi mahasiswa yang beraktivitas di area kampus.

Menurut Dr. Naufal selaku Dosen Department Gizi Masyarakat yang menyampaikan materi pada saat sosialisasi, virus hepatitis A mudah menyebar dan harus ditanggapi dengan tindakan pencegahan yang tepat. Tindakan pencegahan tersebut bisa dilakukan dengan menjaga dan memperhatikan kebersihan diri sekaligus kebersihan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa tips yang disarankan untuk mencegah penyebaran virus hepatitis yang disampaikan, yaitu:



  • Biasakan cuci tangan memakai sabun.
  • Jaga kebersihan kamar mandi.
  • Konsumsi masakan yang matang dan masih dalam keadaan panas atau masih baru.
  • Minum air yang bersih.
  • Perhatikan kehigienisan makanan yang dikonsumsi.


Selain menyampaikan beberapa tips penting tersebut, sosialisasi yang diadakan di Institut Pertanian Bogor untuk mencegah penyebaran virus hepatitis juga membahas tentang keamanan pangan, pengetahuan akan gizi seimbang, profil kantin IPB dan tindakan pencegahan sekaligus penanggulangan virus hepatitis. Sosialisasi mengenai tindakan preventif dan kuratif tersebut diharapkan dapat menanggulangi penyebaran virus hepatitis yang saat ini menjadi perhatian utama pihak kampus IPB.

Bukan sekedar mengadakan sosialisasi mengenai tindakan pencegahan dan penanggulangan virus hepatitis, pengelola asrama IPB (Institut Pertanian Bogor) juga menggalakkan kegiatan bersih-bersih area kampus, meliputi lorong, kamar hingga toilet. Selain itu, pemeriksaan kesehatan gratis secara terbuka juga dilakukan di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga Bogor sebagai tindakan nyata yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus hepatitis di kawasan kampus.

No comments:

Post a Comment