Friday, January 22, 2016

Kenapa Peringkat Website Anda Turun?

Menempatkan website di peringkat teratas mesin pencari adalah tujuan utama jasa SEO. Hal ini tentu saja demi meningkatkan jumlah pengunjung. Semakin tinggi posisi website, maka semakin banyak pula orang yang akan melihat dan mengklik website. Menjadikan website ada di peringkat atas memberikan kesan bahwa website Anda bisa dipercaya dan reliable.

Namun kadang peringkat website bisa tiba-tiba turun. Pada website baru, misalnya. Ketika website baru saja di-launch, mereka langsung berada di puncak selama beberapa hari, membuat webmaster sangat senang. Tapi pelan-pelan, website tersebut pun semakin turun peringkatnya, membuat hati semakin ciut. Apa yang sebenarnya terjadi di sini? Kenapa peringkat website turun?

Turunnya peringkat website ini menjadi salah satu alasan kenapa Anda sebaiknya menggunakan jasa layanan SEO profesional untuk menganalisa sumbernya. Namun biasanya, hal ini disebabkan karena:

1.Perubahan algoritma dari Google
Google masih sering melakukan update algoritma hasil pencarian. Sebagai akibatnya, website Anda bisa saja hilang dari peredaran. Hal ini biasanya bersifat sementara, dan posisi Anda akan naik lagi selama Anda mempunyai konten berkualitas.

2.Terlalu banyak keyword
Website memang membutuhkan keyword untuk bisa ditemukan, tapi jumlah terlalu banyak akan menyebabkan website ditandai sebagai spam.

3.Masalah pada inbound dan outbound link
Tautan dari atau menuju website Anda ada masalah. Entah itu terlalu banyak, website Anda merujuk ke tempat yang reputasinya buruk, atau website tersebut mentautkan Anda, dll.

4.Duplikasi konten
Bisa jadi, konten Anda ada yang sama dengan website lain. Mungkin Anda melakukan copy-paste tanpa diubah, atau ada website yang menduplikasi konten Anda.

5.Malware di situs
Bisa jadi, ternyata ada malware terselip dalam situs Anda. Hal ini bisa terjadi karena scripts atau ada iklan di website Anda yang mengandung malware.

Sebagai pemilik website, Anda perlu giat memonitor ini. Jika sampai peringkat Anda turun, atau ditandai sebagai website yang mengandung malware, tentu kepercayaan pengunjung pun jadi musnah. Kerjasamalah dengan penyedia jasa SEO berpengalaman seperti Partner Iklan. Mereka akan membantu Anda mengenali masalah dari awal, dan mencegah hal ini terjadi.

No comments:

Post a Comment