Saturday, January 9, 2016

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Bagi Pasangan Yang Baru Menikah


Salah satu masalah yang paling sensitif dalam keluarga adalah masalah keuangan. Apalagi untuk pasangan yang baru membina rumah tangga. Kalau tadinya mereka bisa mengelola keuangannya sendiri, sekarang mereka harus mengelola berdua. Cara mengatur keuangan keluarga dengan tepat harus benar-benar dilakukan untuk menghindari perselisihan. Karena anda tidak hidup sendiri sekarang ini, keterbukaan dan kerja sama dengan pasangan sangat dibutuhkan. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur keuangan anda pasangan. Silakan pelajari dan coba praktekkan!

1. Rekaplah Semua Kebutuhan Keluarga

Anda dan pasangan harus tahu kebutuhan keluarga anda dalam sebulan yang mencakup kebutuhan untuk makan, kebutuhan ke dokter, tagihan listrik, tagihan air tagihan telepon, tagihan internet, tagihan kartu kredit, dan lainnya.
2. Budgetting

Perencanaan anggaran atau budgeting sangat penting dalam upaya mengatur keuangan keluarga. Hal ini membuat pengeluaran bisa dikontrol, sehingga menghindari pemborosan.

3. Tentukan Prioritas Kebutuhan

Menentukan prioritas kebutuhan sangat penting untuk menghindari perilaku konsumtif dan membeli barang-barang yang kurang bermanfaat. Saat anda akan belanja, anda benar-benar membeli yang dibutuhkan bukan hanya sekedar diinginkan.

4. Menghindari Hutang

Sebisa mungkin usahakan jangan menghutang untuk mencukupi kebutuhan keluarga, karena hutang bisa mengacaukan perencanaan anggaran yang telah disusun.

5. Menabung

Setelah menerima gaji, sisihkan sebagian untuk ditabung. Jika perlu, buatlah rekening tabungan sendiri yang tak dicampur dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Berinvenstasi

Supaya uang anda bisa bertambah lebih banyak, investasi menjadi alternatif terbaik. Pilihlah jenis investasi yang terbaik. Jika bingung, silakan konsultasikan ke ahlinya.

Cara mengatur keuangan di atas sebenarnya sederhana dan mudah dilakukan. Asalkan anda dan pasangan disiplin. Ingat, sebanyak apapun uang yang anda miliki apabila tidak digunakan dengan bijak akan menjerumuskan anda. Bisa saja karena sifat konsumtif membuat uang anda habis dan menyisakan hutang. Supaya lebih terjamin dan aman, anda bisa mengkonsultasikan cara mengatur keuangan keluarga dengan baik anda pada pakarnya.


No comments:

Post a Comment