Friday, January 22, 2016

Cara Buat Sabun Cuci Piring Dengan Mudah


Sabun cair merupakan merupakan sabun deterjen dalam bentuk cair, sabun yang biasa digunakan dalam membersihkan perabot rumah tangga ini sekarang  menjadi hal yang paling banyak cidari ibu-ibu rumah tangga. Cara penggunaannya yang praktis dan higienis, ditambah dengan hasil cucian yang lebih bersih dari pada penggunaan sabun colek. Sabun dalam bentuk cair ini sebenarnya dalam pembuatannya hampir sama dengan pembuatan sabun pada umumnya, seperi sabun bubuk, sabun batangan, ataupun sabun colek. Tetapi yang membedakannya hanya pada kemampuan dalam membersihkannya, serta bagaimana kompisisi pembuatannya.

Selain memiliki kelebihan dalam penggunaannya yang praktis dan tidak memerlukan waktu lama karena tidak membutuhkan waktu untuk mencairkan, sabun cair juga memiliki kelemahan dalam penyimpanannya. Sabun cair mudah menyebar kemana-mana jika wadah yang digunakan kurang rapat atau pecah, serta kurang aman saat dibawa dalam suatu perjalanan tanpa wadah khusus. Oleh karena itu perlu menciptakan atau adanya wadah khusus untuk menyimpan sabun cair ini.

Sabun cair yang banyak dijual oleh perusahaan-perusahaan biasanya dikhususka untuk mencuci perabot rumah tangga, seperti piring, mangkok, sendok, garpu dan sebagainya. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, maka caranya tidak terlalu sulit untuk anda praktekan. Berikut ini kami berikan conton bagaimana cara membuat sabun cuci piring dengan mudah:

Bahan yang diperlukan

● Natrium clorida 30 gram
● Tepol sebanyak 140 cc
● Soda ash sebanyak 50 gram
● Jeruk nipis secukupnya dan peras airnya
● Pewarna secukupnya
● Bibit minyak wangi secukupnya
● Air bersih 500 cc

Cara membuatnya:

1. Masukan air bersih ke dalam tepol lalu aduk sampai rata
2. Masukan soda ash ke dalamnya lalu aduk kembali hingga rata
3. Tambahkan pewarna dan bibit minyak wangi secukupnya
4. Tambahkan air perasan jeruk nipis
5. Masukan natrium clorida sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata
6. Aduklah terus sampai larutan air tersebut terasa berat
7. Setelah selesai diamkan dan simpan di tempat tertutup

Anda dapat menggunakan sabun cuci piring tersebut tidak hanya untuk piring dan peralatan makan anda saja, tetapi anda juga dapat menggunakannya untuk membersihkan perabot rumah tangga anda yang lain seperti panci dan yang lainnya. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment