Tuesday, January 5, 2016

7 Makanan yang Bisa Mengeluarkan Kelebihan Garam dari Tubuh

Garam adalah salah satu bahan dasar yang biasanya kita campurkan ke dalam berbagai makanan. Ini adalah unsur penting untuk menambah cita rasa makanan yang kita konsumsi. Sesuai dengan pendapat para ahli, garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan apabila dimanfaatkan dengan tepat dalam jumlah yang tepat. Namun apabila berlebihan, garam bisa menyebabkan masalah kesehatan. Dan, anda harus tahu bahwa, garam tetap diperlukan oleh tubuh untuk mengatur cairan dan mengikat mereka.

Itu artinya bahwa, apabila kita mengkonsumsi garam, setiap makanan yang kita makan dan mengandung air, maka air tersebut akan diikat di dalam tubuh oleh garam. Setiap air yang bertambah jumlahnya di dalam tubuh akan mempengaruhi tingkat volume darah di dalam arteri yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jika anda terdiagnosa memiliki tekanan darah tinggi, kemungkinan besar hal tersebut akan diikuti juga dengan penyakit jantung, obesitas, dan stroke.

Makanan untuk mengeluarkan garam dari tubuh

Jika anda selama ini menyukai makanan-makanan asin yang mengandung banyak garam, anda juga harus tahu bahwa ada beberapa makanan lain yang bisa membantu anda mengeluarkan garam tersebut dari dalam tubuh. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.


1. Kacang

Semua makanan yang mengandung banyak protein harus dikonsumsi jika anda ingin mengurangi jumlah garam di dalam tubuh. Dan biasanya makanan yang mengandung banyak protein adalah kacang-kacangan. Entah itu kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai dan lain-lain. Biasanya, kacang bisa mengurangi sekitar 10% jumlah garam di dalam tubuh.


2. Yoghurt

Yogurt terbuat dari susu terasa sedikit masam dan kental. Makanan tersebut bisa membantu mengurangi kadar garam di dalam tubuh. Makanan ini juga terkenal memiliki banyak protein sehingga cocok untuk membersihkan tubuh dari kelebihan garam.


3. Ikan

Jenis ikan yang cocok untuk mengeluarkan garam dari dalam tubuh adalah ikan salmon dan ikan tuna. Selain ikan tersebut, kemampuannya tidak seperti kedua ikan ini.


4. Kentang panggang

Kentang mengandung potasium yang sangat tinggi dan kulitnya merupakan salah satu makanan terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi garam dari dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya anda mengkonsumsi kentang bersama kulitnya.


5. Kismis

Buah-buahan kering merupakan sumber kalium. Kismis adalah salah satu makanan yang bisa membantu melarutkan garam dan mengeluarkannya dari tubuh kita.


6. Aprikot

Aprikot kering juga bisa membantu mengeluarkan garam karena banyak mengandung kalium. Selain itu, apabila anda mengunyah satu aprikot, hal tersebut bisa menurunkan tekanan darah tinggi.


7. Pisang

Ini merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan vitamin serta nutrisinya. Salah satu kandungan yang dimiliki oleh pisang adalah kalium. Selain pisang sebenarnya alpukat dan jeruk juga memiliki banyak kandungan kalium yang bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan garam dari dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment