Sunday, December 13, 2015

Sumber Daya Gas Bumi untuk Masyarakat

Gas bumi saat ini menjadi salah satu sumber daya bumi yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan yang ada di masyarakat, baik dari para penggguna rumah tangga, pengusaha mikro dan juga menengah, industri, serta tenaga pembangkit listrik. Adapun badan negara yang mengurusi dan memiliki kewenangan terhadap sumber daya gas bumi ini adalah Perusahaan Gas Negara atau yang biasa disingkat menjadi PGN. 

Dari segmen pasarnya pengguna rumah tangga adalah yang paling banyak permintaan dan penggunaannya. Seperti yang diungkap oleh Dirut PGN atau Direktur Utama Perusahan Gas Negara, Hendi Prio Santoso, bahwa pelanggan terbesar dari PGN adalah rumah tangga. 

“Untuk meningkatkan jumlah pelanggan gas untuk sektor rumah tangga, PGN melakukan berbagai cara.” Kata Hendi Prio Santoso. 
Cara yang disebutkan antara lain, seperti melakukan pengembangan sendiri terhadap jaringan gas untuk pelanggan rumah tangga. Untuk cara ini PGN menggunakan dana sendiri untuk mengeluarkan modal, investasi, atau yang semacamnya. 

Hendi Prio Santoso juga memaparkan bahwa hal tersebut sudah berjalan di sebagian wilayah yang ada di Indonesia, seperti misalnya, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Jika dihitung jumlahnya, sambungan gas bumi dari PGN untuk segmen rumah tangga sudah mencapai lebih dari seratus ribu sambungan. Menyikapi hal ini dari pihak PGN sendiri ingin tetap melakukan perluasan dan persebaran pelanggan rumah tangga baru, baik di wilayah yang sudah pernah terjangkau jaringan ini ataupun daerah baru yang belum pernah terjangkau jaringan. 
Langkah kedua yang diambil oleh PGN untuk memperluas dan menyebarkan penggunaan gas adalah dengan meminta bantuan terhadap Kementerian ESDM. Dengan begitu PGN bisa menerima wewenang khusus untuk mengoperasikan dan mengelola jaringan gas bumi yang ada bagi kurang lebih 43.000 kepala rumah tangga yang tersebar di 11 kabupaten/kota. 

Dengan beberapa langkah tadi Hendi Prio Santoso, Dirut PGN, mengungkapkan keoptimisannya bahwa penggunaan gas bumi pada sektor rumah tangga akan mengalami peningkatan yang positif.

No comments:

Post a Comment