Friday, January 1, 2016

Cara Sederhana Mengobati Ruam Popok Bayi

Bayi adalah anugerah istimewa yang telah diberikan Tuhan YME kepada manusia, sekaligus juga sebagai amanah yang harus dijaga. Kehadiran bayipun dalam keluarga menjadi penghibur bagi orang tua sekaligus penerus generasi keluarga. Dari hal tersebut tentunya orang tua tidak menginginkan mendapatkan bayinya terkena penyakit yang menyebabkannya terlihat muram atau menjadi rewel, terutama pada bayi yang sangat rentan terkena penyakit. Salah satu yang sering terjadi pada bayi yaitu ruam popok yang merupakan gangguan pada kulit bayi.

 Ruam popok merupakan jenis peradangan yang terjadi disekitar area kulit bayi yang tertutup otak, bagiannya dapat mencakup kepada alat kelamin, pangkal paha bagian dalam dan juga pantat bayi. Ruam popok dapat dikenali dari tandanya yang berwarna kemerahan, gatal-gatal dan juga lecet ringan. Pada bayipun akan sering rewel dan menangis, apalagi saat anda menggantikan popoknya. Jika ruam popok ini telah terjadi pada bayi anda, maka anda sebenarnya tidak perlu terlalu cemas karena ruam popok tidak begitu berbahaya bagi bayi. Walaupun begitu jika dibiarkan tetap saja dapat memicu penyakit yang lainnya. Oleh karena itu sebagai orang tua jika anda menemukan ruam popok pada bayi anda maka anda dapat melakukan cara sederhana dalam mengobati ruam popok, dan berikut cara-caranya:


1. Memakai krim atau salep. Ruam popok pada bayi yang masih ringan dapat anda obati dengan menggunakan salep atau krim khusus untuk ruam popok yang dapat anda peroleh di apotek-apotek. Selain itu ruam popokpun dapat anda obati dengan obat-obatan tradisional yang alami. Misalnya anda dapat menggunakan minyak tawon, minyak kelapa, virgin oil dan juga minyak zaitun. Dalam penggunaannya sama anda tinggal mengoleskannya saja pada bagian yang terkena ruam popok.

2. Mengganti popok bayi. Mengganti popok bayi yang sudah kotor atau terlalu lama dipakai manjadi salah satu hal yang dapat mengatasi ruam popok pada bayi. Dengan mengganti popok bayi terutama merk popoknya dapat menghindari bayi dari gesekan antar kulit bayi dengan popok. Untuk itu menggunakan merk popok yang tidak menggunakan pewangi atau zat tambahan lainnya secara tidak langsung dapat membantu dalam menangani ruam popok.

3. Menjaga kebersihan popok. Popok yang bersih akan terhindar dari segala bakteri yang menempel pada popok. Menjaga keadaan bayi dan popoknya tetap bersih dan kering akan menjaga bayi terkena ruam popok. Dan saat anda membersihkan area popok bayi pakailah dengan menggunakan air yang mengalir, lalu keringkan dengan cara menepuk-nepuk permukaan kulit dengan handuk yang lembut.

4. Membatasi pemakaian popok sekali pakai. Penggunaan popok pada bayi sebisa mungkin untuk dikurangi, batasi penggunaannya hanya saat bepergian atau malam saja. Membiarkan bayi tanpa popok untuk beberapa waktu dapat menjadikan aliran udara disekitar area popok menjadi lancar, sehingga  akan mempercepat penyembuhan pada ruam popok.

5. Menghindari penggunaan bedak. Saat bayi anda terkena ruam popok maka tidak dianjurkan untuk menggunakan bedak, hal ini karena dapat  mengembangkan ruam popok pada bayi.

No comments:

Post a Comment