Sunday, December 13, 2015

Alasan Mengapa Nanas Bisa Menggigit dan Melukai Lidah

Nanas merupakan salah satu buah-buahan yang seringkali dihindari, karena saat mengkonsumsinya, lidah sering kali seolah-olah teriris. Namun, disamping kekurangannya tersebut, sebenarnya nanas merupakan sumber vitamin dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Masalah nanas yang seolah-olah bisa menggigit lidah tersebut bukan hanya dialami oleh satu atau dua orang saja, namun memang sering terjadi. Mungkin sebagian dari anda mengira bahwa ini adalah reaksi alergi makan nanas menyebabkan hal tersebut. Namun anda salah! menurut para ahli, iritasi yang disebabkan karena makan nanas terjadi karena kombinasi enzim yang ada pada nanas yang disebut bromelia bisa memecah protein dan menyerang dasar lidah termasuk bagian dalam pipi dan bibir.
Namun anehnya, setelah kita menelan buah nanas yang kita makan tersebut, air liur dan asam lambung akan mengobati sakit tersebut dengan membangun kembali protein dan asam amino. Sehingga rasa sakit akan cepat sembuh.

Selai nanas sebenarnya ada beberapa buah-buahan lain yang bisa memberikan efek sama diantaranya adalah, lemon dan amla. Sama seperti nanas, buah-buahan tersebut juga memiliki rasa asam.

Bahkan, beberapa orang ada yang sengaja menghisap sepotong lemon untuk menurunkan berat badan dan untuk mengatasi masalah pada perut nauseousness. Akibat menghisap sepotong lemon tersebut, biasanya lidah maupun mulut terasa seolah-olah diiris dan bisa menyebabkannya terkelupas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, disamping beberapa efek yang bisa ditimbulkan oleh nanas, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat mengkonsumsinya. Kandungan bromelian yang ada pada nanas terkenal baik untuk tubuh dan bisa membantu mengobati peradangan, pembengkakan, gangguan pencernaan dan bahkan bisa mengatasi pembekuan darah.

Bromelia merupakan enzim yang baik. Hal itu bisa terjadi karena berbagai fungsi dalam struktur dan sel kita termasuk jaringan dan organ bekerja dengan baik. Jadi, tidak perlu lagi khawatir untuk makan nanas.


Berikut adalah tips menarik yang bisa anda manfaatkan jika ingin menikmati nanas.


Apabila anda ingin mengkonsumsi nanas dalam bentuk segar, tambahkan irisan nanas ke dalam salad atau campuran dengan buah yang lain. Selain itu, anda juga bisa memberikannya garam agar rasa kecutnya tidak terlalu parah.

Anda juga bisa menambahkan 1 sendok es krim vanila untuk satu mangkok irisan nanas dalam rangka mengurangi efek buruk yang diberikan nanas terhadap lidah maupun bibir.

No comments:

Post a Comment