Friday, December 4, 2015

8 Tips Meningkatkan Mood yang Terbukti Secara Medis

Adalah sesuatu yang normal apabila kita merasa sedih atau sesekali merasakan mood yang sangat jelek. Akan tetapi, apabila menjadi kronis hal tersebut tentu akan merugikan. Karena mood yang jelek bisa mengundang berbagai penyakit mental serius seperti depresi dan stres.

Pada umumnya, masyarakat kita masih malu untuk mengunjungi psikolog untuk berkonsultasi. Tidak hanya itu, kita juga kita masih kesulitan menemukan psikolog yang memberikan jasa untuk membantu mengatasi masalah mental seperti stres dan depresi.



Namun di negara-negara maju, ini merupakan fenomena biasa dimana seseorang yang mengalami gangguan secara mental akan meminta bantuan psikolog, hal tersebut sebenarnya sangat penting terutama dalam proses mengekang stres serta menghilangkan kesedihan atau mengurangi kecemasan karena banyaknya efek buruk yang diakibatkan oleh masalah kejiwaan tersebut.

Kehidupan modern saat ini tidak lepas dari stres. Oleh sebab itu, anda diharuskan mengambil banyak waktu untuk menyendiri dan untuk memberikan ketenangan serta kesegaran pada otak anda. Ini merupakan langkah pertama dalam mengatasi kecemasan dan depresi.

Dan, kabar baiknya, berbagai masalah seperti stres, kesedihan yang berlarut-larut, cemas dan lain-lain bisa diobati dengan menggunakan cara-cara alami yang sehat dan tanpa efek samping.


Tips meningkatkan mood


Berikut adalah beberapa tips sehat untuk meningkatkan mood yang telah terbukti secara medis sehingga anda tidak perlu ragu untuk menerapkannya pada diri anda.


1. Konsumsi makanan pedas

Ketika anda mengkonsumsi makanan pedas, tubuh akan bereaksi layaknya anda sedang sakit. Jadi, pertahanan otak kita akan melepaskan hormon endorfin yang akan membantu mengatasi rasa sakit. Hormon endorfin tersebut juga bisa membuat kita merasa lebih baik dan lebih bahagia.


2. Senyum palsu

Tersenyum memiliki banyak manfaat bahkan jika anda melakukan senyum palsu atau pura-pura tersenyum. Tersenyum akan membuat otak mengirim sinyal sehingga tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat anda menjadi bahagia.

Selain itu, tersenyum juga akan membantu anda mengendurkan otot wajah yang tegang sehingga suasana hati akan menjadi lebih baik.


3. Tidurlah lebih nyenyak

Anda setidaknya harus tidur 7 hingga 8 jam. Namun ingat, tidur lebih dari 9 jam menurut para ahli bisa merugikan kesehatan dan bisa menurunkan imun tubuh. Tidur dengan nyenyak sepanjang malam akan membantu anda memiliki mood yang lebih baik pada keesokan harinya.

Jadi, matikan TV anda lebih awal kemudian nonaktifkan smartphone atau tablet atau apa saja yang memberikan notifikasi. Dengan begitu anda akan tidur lebih nyenyak hingga keesokan paginya.


4. Manjakan diri dengan coklat

Ini adalah salah satu kabar terbaik bagi anda para pencinta coklat. Coklat bisa merangsang otak untuk menghasilkan kimia yang akan membuat kita bahagia. Selain itu, pada saat kita mengkonsumsi coklat, kita akan merasa lega dan santai.


5. Hindari berpikir terus-menerus

Pikiran obsesif akan membuat tubuh kita melepaskan hormon stres yaitu hormon kortisol yang akan membuat anda tidak bahagia sehingga merugikan kesehatan. Jika anda cenderung menjadi seorang pemikir yang terus-menerus berpikir, ada baiknya anda mulai melatih diri anda untuk melupakan masalah dengan berolahraga atau dengan mengalihkannya ke hobi yang anda cintai.


6. Jadilah pencinta alam

Sesaat, anda bisa pergi dari keramaian kota untuk berbaur dengan alam, menikmati hijaunya hutan maupun birunya air laut. Cara ini terbukti bisa membantu kita memiliki mode lebih baik karena biasanya, pantai maupun hutan memiliki udara yang sangat segar. Udara yang segar akan membuat paru-paru kita menjadi lebih fresh dan hatipun menjadi lebih damai dan tenang.


7. Berhentilah menjadi workaholic

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa bekerja lebih dari 10 jam sehari akan membuat anda terus-menerus dalam tekanan dan mudah stres. Hal tersebut bisa terjadi karena orang yang terus bekerja seharian biasanya kesulitan untuk tidur, tidak memiliki waktu berkumpul dengan keluarga sehingga jauh dari kebahagiaan.


8. Hindari duduk di tempat gelap

Jika anda suka duduk di tempat-tempat yang gelap, mulailah menghindari kebiasaan tersebut karena duduk di tempat yang gelap akan membuat kita lebih mudah tertekan. Jadi, pastikan anda memiliki kamar yang bercahaya terang agar suasana hati anda juga ikut menjadi gembira.

No comments:

Post a Comment